PENGEMBANGAN SISTEM CAD (COMPUTER AIDED DESIGN) MOTIF BATIK BERBASIS KARAKTER

Abstrak

Tuntutan konsumen terhadap desain motif batik sekarang ini semakin variatif, kreatif dan inovatif, sehingga metode pendesainannya juga harus semakin modern. Penerapan sistem CAD diharapkan dapat mengatasi permasalahan tentang desain batik tersebut. Dengan penerapan sistem CAD batik karakter ini, motif batik dapat diciptakan berdasarkan karakter dari sub-sub motif yang ada, sesuai dengan keinginan para konsumen tanpa menghilangkan nilai pakem yang ada pada batik. Penelitian ini melibatkan para desainer, pengusaha/toko batik, dan konsumen batik dalam penilaian kuesioner yang dilakukan dengan tiga tahapan sebagai dasar dalam membangun suatu software batik berbasis karakter.

Dari hasil analisis penelitian ini, para responden memberikan jawaban bahwa motif utama batik terdiri atas tiga kelompok utama karakter, yaitu maskulin, feminim, dan unisex. Motif utama batik ini dibagi lagi dalam beberapa sub-sub motif yang masing-masing sub motif mempunyai karakter yang lebih spesifik yang merupakan komponen utama dalam pengembangan software batik karakter. Dari hasil kuesioner validasi akhir desain motif batik dari software ini, dapat diterima dikalangan desainer dan para konsumen batik dengan menyatakan setuju sebesar 77,25% dan tidak setuju 22,75%.

Dengan penerapan software CAD batik berbasis karakter ini dapat memudahkan konsumen dalam mendesain jenis dan ragam batik berdasarkan sifat dan karakter dari masing-masing sub motif, dan dapat diciptakan desain-desain motif baru yang lebih kreatif, variatif, dan inovatif berdasarkan karakter yang terbangun dari hasil kompilasi sub-sub motif yang ada dalam sistem database motif. Motif-motif baru ini dapat diproses lebih lanjut ke sistem CAM karena sudah berbasis vektor.
Kata kunci: batik karakter, CAD, CAM, desain, software.

Sapta Asmal, Subagyo, Arif Wibisono, Andi Sudiarso

Download: Pengembangan Sistem CAD (Computer Aided Design) Motif Batik Berbasis Karakter

2 Comments

  1. nur.rifa.s

    Mantap. Semoga dengan adanya teknologi ini dapat bermanfaat bagi perkembangan budaya khususnya batik di Indonesia.

    Reply
    1. a.sudiarso

      Makasih mb, sukses jg warna alaminya.

      Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.